Sabtu, 01 Desember 2018

Biografi Dan Profil Penulis Buku Raditya Dika

Raditya Dika, Profil Raditya Dika, Anissa Aziza, Intri Raditya Dika, Penulis Raditya, Produser Dika, Novel raditya dika, koala kumal, film raditya dika, film hangout, biodata raditya dika, cinta brontosaurus, stand up comedy, novel kuala kumal, koala kumal film

Profil


Nama : Raditya Dika
Nama Lahir : Dika Angkasaputra Moerwani
Lahir : Jakarta, 28 Desember 1984
Orang tua : Tetty Nasution
Agama : Islam
Pekerjaan : Penulis, komedian, sutradara & aktor
Pendidikan :
SMP Tarakanita
SMU 70 Bulungan
University of Adelaide
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia Jurusan Ilmu Politik

Novel Raditya Dika


2005 – Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh
2006 – Cinta Brontosaurus
2007 – Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa
2008 – Babi Ngesot: Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang
2010 – Marmut Merah Jambu
2011 – Manusia Setengah Salmon
2015 – Koala Kumal

Film


 a. Kambing Jantan: The Movie (2009)
 b. Cinta Brontosaurus (2013)
 c. Cinta Dalam Kardus (2013)
 d. Manusia Setengah Salmon (2013)
 e. Marmut Merah Jambu (2014)
 f. Malam Minggu Miko The Movie (2014)
 g. Single (2015)
 h. Koala Kumal (2016)
 i. Hangout (2016)
 Penulis Skenario
 a. Maling Kutang (2009)
 b. Cinta Brontosaurus (2013)
 c. Manusia Setengah Salmon (2013)
 d. Marmut Merah Jambu (2014)
 e. Single (2015)
 f. Koala Kumal (2016)
 g. Hangout (2016)
 h. The Guys (2017)
 Sutradara
 a. Marmut Merah Jambu (2014)
 b. Malam Minggu Miko The Movie (2014)
 c. Marmut Merah Jambu Series (2015)
 d. Single (2015)
 e. Koala Kumal (2016)
 f. Hangout (2016)
 g. The Guys (2017)

Biografi


Raditya Dika adalah seorang komedian, penulis, sutradara, aktor dari indonesia. Ia mengawali karirnya sebagai seorang blogger. radit menuliskan pengalamannya sehari-hari saat berkuliah di adelaide, australia dalam blognya yang kemudian dibukukan. Buku pertama yang ditulis raditya dika berjudul Kambing Hitam. Buku tpertamanya tersebut masuk dalam kategori best seller. Saat ia menulis buku pertamanya tersebut memang belum banyak masuk ke dunia tulisan komedi.

Sebenarnya Nama Raditya Dika bukan nama asli radit sejak lahir. Nama Asli Raditya Dika yaitu Dika Angkasaputra Moerwani. Radit mengganti namanya saat duduk di kelas 4 SD. Saat Ujian kelulusan SD, ia diminta pihak sekolah menuliskan namanya pada lembar formulir, tapi dia malah menulis namanya sebagai raditya dika tidak sesuai dengan akte kelahirannya.

Tidak hanya saat SD, saat memasuki SMP dia juga menggunakan nama Raditya Dika. Sejak itu nama dikehidupannya menjadi Raditya Dika. Termasuk KTP maupun SIMnya.

Awal Karir

Radit mengawali karirnya dengan membuat tulisan catatan hariannya di blog pribadinya saat ia memenangi Indonesia Blog Award. Radit juga pernah meraih penghargaan The Online Inspiring Award 2009 Dari indosat. dari pengalamnnya tersebut radit kemudian menawarkan tulisannya ke beberapa penerbit untuk dicetak sebagai buku. Awalnya banyak yang menolak, tapi kemudian pernerbit yang mau menerima tulisan raditya adalah penerbit buku Gagasmedia.

Dalam tulisan radit dibuku itu unik selalu judul dari semua buku mengandung nama binatang. . Menurut radit, sebagai penulis harus tetap memiliki inovasi. Sebenarnya pada bulan pertama, buku pertamanya tidak terlalu laku. Menurutnya itulah resiko masuk dalam genre baru. Lalu radit gemar mempromosikan bukunya lewat blog yang ia kelola.

Menurut radit menjadi penulis buku bukan berarti tidak ada hambatan. menurutnya hambatan bukan hanya di industri buku , melainkan juga dari hal-hal sifatnya diagonal.

Artikel Terkait